Friday, June 22, 2007

KOTA SURABAYA

Taukah anda, tempoe doeloe, surabaya hanyalah desa kecil di pinggir sungai Brantas. Seiring dengan waktu berpacu kemudian berkembang menjadi kota Metropolitan.
Sarana dan infrastruktur kotanya baik sebagai kota bisnis maupun tujuan wisata kian memadai. Hingga akhirnya ibukota Provinsi Jawa Timur ini menyandang predikat kota terbesar kedua di indonesia setelah Jakarta.

Sebagai salah satu kota yang paling sering saya kunjungi baik dalam rangka dinas maupun acara pribadi maupun keluarga, dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari segi penataan kota, fasilitas pariwisata seperti misal tersedianya beberapa hotel berbintang juga tidak kalah menarik adalah info mengenai kulinernya, lupakan diet anda sesaat bila sedang berlibur di kota Surabaya yang dikenal dengan kota Pahlawan, hotel yang layak dicoba disini adalah Hotel Tunjungan Plaza Hotel [bintang empat], Sheraton [bintang lima], yang keduanya bersebelahan dengan Tunjungan Plaza yang terdiri dari 4 mall [TP.I,II,IIIdan IV], dan di TP.IV dihuni oleh SOGO, atau sedikit agak jauh tapi masih di pusat kota masih ada Hotel Garden Palace dengan kamar Club Deluxenya yang nyaman dengan harga yang terjangkau sekitar Rp 400 ribuan sudah termasuk breakfast, juga ada hotel masih berdekatan dengan hotel ini yakni hotel Plaza Surabaya dahulu Hotel Radison, yang bersebelahan dengan mall Delta Plaza, juga monumen kapal selam. Juga berdekatan dengan beberapa bank Nasional dan Asing yang lokasinya di Jalan Pemuda. Tapi hotel-hotel kecil dan bersih juga banyak baik di kota maupun pinggiran kota menuju Airport. Oh ya bagi Ibu-ibu...akan lebih nikmat kalau diajak mampir ke Shopping Mall Jembatan Merah sebagai pusat grosir.

Untuk mendapatkan harga Hotel dan transport [charter mobil Toyota Avanza] yang murah anda kami sarankan membeli voucher begitu tiba di Bandara Juanda Surabaya, KAHA Travel salah satu langganan saya, Telp.031.8666444 yang posisinya disebelah kiri pintu kedatangan domestik, disamping juga banyak jasa travel lainnya.

Info kuliner di kota Surabaya ini yang terkenal adalah Rawon Sapi dengan merek usaha Rawon Setan di kawasan Embong Malang, tidak jelas betul kenapa sampai disebut Rawon Setan yang bernuansa seram (lokasi depan hotel JW Mariot) tapi kalau sudah mencoba bakal ketagihan deh....mungkin disebut Rawon Setan karena dulu mereka dikenal hanya buka tengah malam yakni mulai pukul 23.00 wib hingga subuh, namun sekarang saya perhatiin sih sudah buka sejak siang hari hingga subuh.
Masih urusan Soto yang paling saya suka bila sedang di Surabaya, karena rasanya yang khas, di Surabaya juga dikenal juga dengan Soto Sapi Pak Saidi, Soto Ayam Ambengan, juga ada makanan yang tidak kalah nikmatnya adalah Rujak Cingur, disamping Nasi Pecelnya. Disamping juga masih banyak makanan lainnya, sebagaimana layaknya dikota besar.

Saya termasuk paling suka membeli buah tangan untuk oleh-oleh anak dan keluarga, saya menemuinya di sepanjang jalan pasar Genteng disana banyak toko yang berjualan beraneka macam oleh-oleh, salah satunya toko BHEK, tapi saya tidak pernah merasa khawatir bila tidak sempat mampir ke pasar Genteng, karena di airport juga ada toko BONGJAYA yang menyiapkan beraneka macam oleh-oleh berupa makanan dengan packing yang sangat eklusif sehingga tidak merasa terganggu bilamana kita dengan tampil resmi.
Wisata di kota Surabaya lebih dominan wisata belanja mengingat ada lebih dari 6 buah mall yang cukup besar seperti Tunjungan Plaza yang terdiri dari 4 mall dalam satu area yang menurut saya terbesar di Surabaya dan yang sebentar lagi isunya akan berganti nama yang saat ini sedang mengalami renovasi disana sini, juga ada Galaxy mall yang baru nambah satu wing mall utara yang cukup megah, Delta Plaza dll. Obyek wisata lainnya di kota ada Museum Kapal Selam di Jalan Pemuda, Kebun Binatang di Wonokromo sekalipun kurang terawat, tapi kalau pengin yang lebih luas dan lengkap bisa ke Taman Safari.II di Desa Jatirejo, Prigen, dan jangan kaget akan terlihat mirip denganTaman Safari yang berlokasi di Cisarua Bogor. Kalau obyek wisata diluar kota Surabaya dan masih di Jawa Timur yang dikenal dengan banyak kerajaan termasyur seperti Kerajaan Majapahit, Singosari, Jenggala, disana juga ada wisata Gunung Bromo yang dapat ditempuh dengan jalan darat 4 jam perjalanan, candi Trowulan, candi Penataran. Tarian tradisional yang terkenal di Surabaya adalah Tari Remo dan juga da Reog Ponorogo.

Kota Surabaya dengan bandaranya yang baru selesai dibangun dan sudah beroperasi berada di Kota Sidoarjo, kira-kira satu jam dari kota Surabaya, situasi kemacetan di jalan masih normal, namun hati-hati kalau keluar masuk bandara dari/ke kota Surabaya sekitar pukul 7.00-9.00 wib atau pkl.16.00-19.00 wib lalu lintas padat merayap, karena merupakan jalur pekerja keluar masuk kantor/pabrik. Taxi juga cukup banyak, namun saya biasanya menggunakan Surabaya Taxi milik BlueBird dengan warna khas Biru langit.

Untuk tempat hiburan, sebagaimana layaknya kota Metropolitan, apapun bisa anda temui di Surabaya ini, asal bawa duit atau kartu kredit!
Note : gambar didepan kami ambil dari lantai 21 kamar club excelent Garden Palace Hotel Surabaya, pada tanggal 23 Juni 2007, posting dari handset dopod U.1000, dengan akses GPRS 3.G Matrik dari Indosat.