Monday, June 25, 2007

DENPASAR Tourist Area

Patung Caturmuka [central of Denpasar]

Pura Jagatnatha-Denpasar

Musim liburan sudah tiba, BALI adalah sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia, diantara daerah wisata menarik lainnya di Dunia.

Adalah Pulau BALI, pulau yang dikenal juga dengan sebutan Pulau Dewata (Pulaunya Para Dewa), juga kadang disebut sebagai Pulau Seribu Pura (Island Of The God kata orang asing).

Sebagai orang yang dilahirkan di Bali, merasakan sekali perkembangan Pariwisata di Bali khususnya, berjalan sangat cepat, termasuk perkembangan keanekaragaman obyek wisatanya juga souvenirnya, namun demikian, masyarakatnya yang mayoritas beragama Hindhu disamping juga ada yang Moslem dan Agama lainnya, satu sama lain dari umat beragama tersebut saling hormat menghormati, sehingga tidak pernah terjadi gesekan yang mengarah ke SARA, ini salah satu alasan yang membuat wisatawan merasa nyaman berlibur di Bali. Malah banyak yang saya ketahui berkali-kali berlibur di Bali, sepertinya tidak pernah bosan, dan tentunya mereka punya alasan tersendiri sebagai bahan pertimbangan.

Agar liburan anda di Bali berjalan efisien, dapat kami informasikan beberapa obyek menarik yang sudah tentu dapat dikatakan relatif baru dibandingkan dengan obyek-obyek wisata alam yang cenderung tetap seperti itu.

Kodya Denpasar : merupakan ibukota Propinsi Bali, dengan pusat pemerintahannya berada di kawasan terpadu Nitimandala Renon, bunga Jempiring sebagai maskotnya, dan walikotanya Anak Agung Puspayoga, adapun obyek wisata menarik yang ada di Denpasar diantaranya : Monumen Bajrasandhi di Renon, Museum Bali, Pura Jagat Natha dan Patung Catur Muka berada dalam satu lokasi berdekatan di pusat Kota Denpasar, Pasar Burung dengan Pura Satriya yang juga masih berdekatan dengan obyek tadi berlokasi di Jalan Veteran Denpasar, dan juga pasar tradisional di Jalan Gajahmada (Pasar Kumbasari), Pantai Sanur yang terkenal dengan matahari terbitnya, dan ada satu obyek wisata menarik di Sanur adalah Sea Walker (jalan-jalan dibawah air) cukup register di Hotel Puri Santrian Sanur, juga ada Pantai Bali Turtle Island yang merupakan pantai hasil reklamasi digunakan sebagai tempat surfing. Pelabuhan Laut Benoa juga ada di bypass Ngurah Rai Sanur-Kuta.

Kantor pusat penerbangan Garuda juga berlokasi di Denpasar, Jalan Sugianyar selatan lapangan Puputan Badung atau selatan Museum Bali dan Pura Jagatnantha tersebut. Juga Air Asia, Batavia, Adam Air, Lion/Wing air di Jalan Teuku Umar.

Denpasar sebagai pusat bisnis, hampir semua Bank Nasional dan beberapa Bank Asing (Commonwealth, ABN AMRO, Stand Chart, CityBank) dapat ditemui di Denpasar.

Sebagai pusat kuliner ada di sepanjang Jalan Teuku Umar.

Pusat belanja yang bisa dikunjungi adalah TIARA DEWATA, HARDYS, MATAHARI Dewi Sartika, RAMAYANA dan ROBINSON di Jalan Dewi Sartika Denpasar, juga HERO Supermarket. Bagi yang senang membaca juga ada Toko Buku Gunung Agung di Jalan Teuku Umar/Hero Supermarket dan Jalan Diponegoro Bali Mall, Tokobuku Gramedia di Jalan Dewi Sartika/Matahari dan di Jalan Gatot Subroto/Hero.

Hotel banyak ditemui di Sanur, dan salah satu yang terbesar dan tertua adalah Hotel Grand Bali Beach sebagai hotel bintang 5. Tapi di pusat Kota juga ada Natour Bali Jl.Veteran sebagai hotel nuansa Belanda karena termasuk hotel tua sejak Belanda, juga ada Hotel Nikki di Gatot Subroto, Hotel Oranjje di Jalan Hayamwuruk, dan Hotel Bumiasih di Jalan Raya Puputan Renon, dengan harga kamar rata-rata Rp 400rb/malam, untuk mendapatkan harga terbaik kami sarankan menghubungi travel agent dengan membeli voucher kamar, ada Travel Anta Tour di Jalan Dewi Sartika, Lila Travel di Raya Puputan Renon dan Astina Travel di Raya Puputan Renon, atau dapat juga diperoleh pada Travel-travel dipintu kedatangan Ngurah Rai Airport baik domestik maupun internasional.

Hampir semua perwakilan Negara Asing membuka kantor konsulernya di Denpasar, mereka dominan berkantor di daerah Nitimandala Renon tersebut.

Transportasi kota, ada angkot dengan mobil SUZUKI CARRY, juga ada banyak taxi, baik dengan argo meter maupun tidak, tapi anak perusahaan Blue Bird juga ada di Denpasar dengan nama BALI Taxi dengan argo meter dan ciri warna biru langitnya yang khas. bisa juga Rental motor maupun sepeda dan juga mobil baik dengan atau tanpa supir juga banyak, dari mobil SUZUKI KARIMUN sampai Limusin, diantaranya ada Wiracana Rental di Sanur, juga dapat ditemui konter rental di Airport Ngurah Rai pada pintu kedatangan baik Internasional maupun Domestik.

Dari Denpasar menuju Kuta sekitar 15 menit melalui jalan Imambonjol atau dari Sanur menuju by pass Ngurah Rai, dan bisa langsung ke Airport Ngurah Rai dan ruas jalan tersebut akan berakhir di Nusa Dua, tapi antisipasi kemacetan pada sore pk. 16.00 sampai dengan 18.00 wita di kawasan simpang siur kuta menuju airport tersebut.

Rumah sakit ada RS.Prima Medika (luks), RS.Puri Bunda (luks), RS,Puri Raharja, RS.Kasih Ibu (luks), RS.Manuaba dan RSU.Sanglah., Laboratorium kesehatan ada Prodia, Quantum, Nikki Medika dll.

Suasana kota masih lengang dan tidak begitu krodit sebagaimana Kota Jakarta, dan konsep kota berwawasan budaya, sehingga jangan heran konsep bangunan atau arsitektur di Denpasar atau Bali pada umumnya bercirikan Bali yang ditonjolkan melalui ornamen-ornamen nuansa Bali, karena bilamana tidak demikian, maka jangan harap akan mendapatkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemda setempat. Di Denpasar sangat sedikit mungkin hampir tidak ada gepeng (peminta-minta) di lampu merah pada khususnya, karena dilarang dan ditindak tegas oleh aparat, juga berlaku terhadap pedagang kaki lima, cobalah anda iseng mengamati di setiap lampu merah akan mudah ditemui himbauan utuk tidak memberikan sedekat kepada peminta-minta.
Nah bilamana masih kesulitan menemukan sesuatu di Denpasar atau Bali pada umumnya dapat mencarinya di blog ini dengan melakukan klik pada ikon >>> Mau Cari Alamat? disisi kiri atas halaman blog ini.

Atau perlu peta Pulau Bali tinggal klik >>> Maps Bali - Bali tourist maps