Saturday, August 18, 2007

SEKILAS TENTANG FRANCHISE

Kenapa Harus Franchise ?
Oleh : PUTU SUBADA KUSUMA, SH.,KN

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman selama menekuni bisnis franchise (“waralaba”) yakni sebagai Master Franchisee Melia Laundry untuk wilayah Bali, menunjukkan bahwa kegiatan usaha dengan sistem franchise mempunyai banyak kelebihan, dibandingkan dengan menjalankan usaha sendiri tanpa franchise.
Kelebihan model bisnis ini terletak pada sistem kegiatan organisasinya yang merupakan cerminan dari kerjasama antara franchisor dengan franschisee dalam rangka mencapai tujuan yakni sukses menjalankan bisnis franchise.

Dengan franchise diharapkan franchisee mendapat kesempatan untuk memasuki sebuah bisnis dengan cara cepat dan biaya lebih rendah dengan produk atau jasa yang telah teruji dan terbukti kredibilitas mereknya.
Lebih dari itu, franchisee secara berkala menerima bantuan manajerial dalam hal pemilihan lokasi bisnis, desain fasilitas, prosedur operasi, pembelian dan pemasaran.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut tidak salah pandangan kami yang menjadikan bisnis franchise itu memliki kemampuan yang lebih tinggi untuk survive dibandingkan dengan usaha independen skala kecil dan menengah lainnya.